Text
PENGARUH OPEN BOOK ACCOUNTING (OBA) DAN INTER ORGANIZATIONAL COST MANAGEMENT (IOCM) TERHADAP KEPUASAN HUBUNGAN PEMASOK DENGAN PERILAKU PEMBELI OPORTUNISTIK DAN NORMA-NORMA SOSIAL SEBAGAI VARIABEL MODERATING
PENGARUH OPEN BOOK ACCOUNTING (OBA) DAN INTER ORGANIZATIONAL COST MANAGEMENT (IOCM) TERHADAP KEPUASAN HUBUNGAN PEMASOK DENGAN PERILAKU PEMBELI OPORTUNISTIK DAN NORMA-NORMA SOSIAL SEBAGAI VARIABEL MODERATING
ABSTRAK
Oleh : Fitriah
Tujuan dari studi ini adalah untuk menganalisis pengaruh pengaruh Open Book Accounting (OBA) dan Inter Organizational Cost Management (IOCM) terhadap kepuasan hubungan pemasok dengan perilaku pembeli oportunistik dan norma-norma sosial sebagai variabel moderating. Sampel penelitian ini adalah middle manajemen yang bekerja di perusahaan manufaktur Kota Cilegon. Jumlah sampel yang diambil yaitu sebanyak 250 responden yang dipilih dengan menggunakan metode purposivesampling.
Penelitian ini menggunakan data primer yang didapat dari penyebaran kuesioner kepada middle manajemen yang bekerja di perusahaan manufaktur kota Cilegon. Teknis analisis data menggunakan uji kualitas data yang terdiri dari uji validitas dan reliabilitas, pengujian hipotesis menggunakan SPSS 20.
Hasil pengujian hipotesis menyatakan bahwa OBA berpengaruh negatif tidak signifikan terhadap kepuasan hubungan pemasok. IOCM berpengaruh positif tidak signifikan terhadap kepuasan hubungan pemasok. OBA berpengaruh positif signifikan terhadap IOCM. Perilaku pembeli oportunistik dapat memoderasi pengaruh OBA terhadap kepuasan hubungan pemasok. Norma-norma sosial dapat memoderasi pengaruh OBA terhadap kepuasan hubungan pemasok. Perilaku pembeli oportunistik dapat memoderasi pengaruh IOCM terhadap kepuasan hubungan pemasok. Norma-norma sosial dapat memoderasi pengaruh IOCM terhadap kepuasan hubungan pemasok.Terakhir Pengaruh tidak langsung lebih besar dari pada pengaruh langsung OBA terhadap kepuasan hubungan pemasok yang dimediasi oleh variabel IOCM.
Kata Kunci : Open Book Accounting (OBA), Inter Organizational Cost Management (IOCM), perilaku pembeli oportunistik, norma-norma sosial dan kepuasan hubungan pemasok.
xiv
THE EFFECTOFOPEN BOOK ACCOUNTING (OBA) AND INTER ORGANIZATIONAL COST MANAGEMENT (IOCM)ON SUPPLIER RELATIONSHIP SATISFACTION WITH BUYER OPPORTUNISM AND RELATIONAL SOCIAL NORMS ASANMODERATING VARIABLE ABSTRACT
By: Fitriah
The purpose of this studyis to analyze the effect of Open Book Accounting (OBA) and Inter Organizational Cost Management (IOCM) to the supplier relationship satisfaction with buyer opportunism and relational social norms as an moderating variable. The sample was middle management work in the city of Cilegon manufacturing company. Number of samples taken as many as 250 respondents were selected using purposive sampling method.
This study uses primary data obtained from questionnaires to middle management who work in the city of Cilegon manufacturing company. Technical analysis of the data using the data quality test which consists of test validity and reliability, testing hypotheses using SPSS 20.
Results of testing hypothesis states that the OBA no significant negative effect on supplier relationship satisfaction. IOCM no significant positive effect on supplier relationship satisfaction. OBA significant positive effect on IOCM. Buyer opportunism pure moderate the effect of OBA to supplier relationship satisfaction. Relational social norms pure moderate the effect of OBA to supplier relationship satisfaction. Buyer opportunism pure moderated the effect of IOCM to supplier relationship satisfaction. Relational social norms pure moderated the effect of IOCM to supplier relationship satisfaction. Last indirect effectis greater than the direct effect of OBA on supplier relationship satisfaction is mediated by IOCM variable.
Keywords: Open Book Accounting (OBA), Inter Organizational Cost Management (IOCM), buyer opportunism, relational social norms and supplier relationship satisfaction
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain